Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

Selasa, 05 Juli 2016

Kisah Kasih INOBU 10 (bagian 1)

Share

Inobu 10 part 2

Galang dana inobu 10

Survey ke bunkasai lain

Syuting trailer

Di sini ada yang tau INOBU?

Haha.. aku mau curhat lagi dong(?)
Sebenernya ini udah telat banget yaa hahaha.. berhubung aku baru bisa blogging lagi semenjak sekian lama //soksibuk

Fyi, aku di sini jadi panitia INOBU 10. Secara general, INOBU itu festival budaya Jepang di smaku, yaitu sma 1 bekasi. Dan kali ini aku mau berbagi pengalaman aku selama jadi panitia, suka duka aku di INOBU 10.

INOBU 10 itu, bisa dibilang event eksternal besar pertamaku. Kenapa besar? Ya katanya sih INOBU termasuk event gede untuk ukuran anak sma(?)katanya yaaa.. tapi aku bukan mau bahas itu kok~

Persiapan inobu bisa dibilang nyapein banget, ini subjektif dari aku aja, karena aku masih kelas 10, jadi aku bakal cerita apa yang umumnya dilakuin panitia INOBU kelas 10. Karena tugas kelas 10 dan 11 bisa dibilang sedikit berbeda(?), ibarat kelas 10 itu pekerja sedangkan kelas 11 itu yang jadi pemikirnya. Jadi yang kelas 10 jalanin aja apa yang diperintahkan //ga

INOBU 10 itu diselenggarakan pertengahan bulan Mei, dan kita udah mulai nyicil dekor segala macem sejak sekitar bulan Oktober. Karena masih anak sekolahan, pastinya kita gak mungkin bisa kerja full time. Kita baru bisa kerja setiap pulang sekolah. Jadi hampir setiap hari sepulang sekolah, kita kumpul di ruang ekskul (re: mabes) buat bikin dekor. Dan kalau liburan, kadang kita masih coba buat kumpul di rumah siapapun yang deket sekolah. Tujuannya? Ya dekor //apasih

Di INOBU 10, aku masuk divisi dana usaha. Kalo kata si kakak koor, kita itu tulang punggung INOBU, kita yang nyari dana demi kelancaran dan kebahagiaan INOBU. Kerjanya? Dulu kita nelfon nelfonin perusahaan. Kita cari kontaknya dari berbagai sumber, trus kita telfon. Kita bujuk gimana caranya biar mereka tertarik sama acara kita. Nanti kita kirim proposal, baik dalam bentuk soft copy yang dikirim via email maupun hard copy. Atau kadang kita juga nyamperin perusahaannya langsung, untuk presentasi atau bisa juga kita ajak pihak mereka ketemuan di suatu tempat.

Oh ya, waktu itu kita juga pernah galang dana. Caranya? Waktu itukan lagi pembagian raport ya, nah beberapa dari kami memakai yukata (pakaian tradisional jepang), trus kita jalan jalan atau berdiri di satu spot. Kita menyapa para orangtua murid sambil menyodorkan(?) kotak sumbangan. Hahaha, lumayan dari situ dapet lumayan banyak.

Kita juga sering jalan jalan bareng mengunjungi bunkasai atau festival Jepang sekolah lain, gunanya buat survey  sekaligus membandingkan. Yang bagus dicontoh, yang buruk ditingkatkan agar jangan sampai terulang

Tapi, kegiatan kita juga gak seseru itu. Ada kalanya kita dimarahin, dan sempat beberapa kali ada masalah, yang Alhamdulillah akhirnya dapat diatasi dengan baik.

Di sini, aku belajar untuk bisa bersikap professional, berbicara di depan umum, bersikap ramah sekaligus tegas, dan gimana caranya membujuk orang lain. Karena jujur aja, I’m bad at public speaking //ga

Sampai akhirnya, pada suatu hari …

Haha, sampai akhirnya datang saat di mana kita harus bikin trailer buat promosi INOBU 10. Di sana kita nentuin ide dan harus syuting(?)
Syuting trailer juga ternyata gak segampang itu. Karena kita cuma bisa kerja di sela sela kegiatan sekolah, syuting jadi memakan waktu hampir satu bulan. Itu juga ada beberapa masalah internal yang menciptakan air mata haru dan sedih(?) //apasih

Tapi pada dasarnya, jangan lupa bahagia \^-^/

Setelah syuting kelar, akhirnya kita sampai ke proses editing. Dan ternyata, trailer yang kita buat panjangnya kurang lebih 7 menit. Rupanya senpaitachi (julukan untuk kakak kelas) kurang setuju dengan hasil trailer yang sepanjang itu. Munculah masalah baru.

Akhirnya temanku, namanya Dildul, sebagai sutradara sekaligus editor dari tim pembuat trailer, dia kerja keras gimana cara motong bagian bagian yang gak penting tapi tetap bisa sesuai dengan konsep awal. Di saat kita udah susah susah syuting, lama lama, ternyata beberapa bagian harus dicut, beberapa adegan lucu akhirnya jadi hilang :(

Sampai akhirnya trailer jadi 5 menit! ^^

Setelah melalui proses yang panjang, akhirnya trailer tersebut lolos uji sensor //ga
Akhirnya trailer siap rilis

…  kok kayak banyak ya, hahaha. Ku potong deh jadi dua bagian. Karena masih banyak yang mau aku certain dan gak mungkin aku tulis semuanya di sini.

Be right back!! ^^


0 komentar:

Posting Komentar