Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

Selasa, 05 Juli 2016

Kisah Kasih INOBU 10 (bagian 2)

Share

Bon odori dibawah guyuran hujan

Inobu semakin dekat, dan persiapan pun diperketat(?)

Sampai akhirnya muncul masalah baru. Yaitu bentroknya persiapan INOBU dan berbagai kegiatan lainnya, sampai bahkan kadang terjadi perdebatan. Aku pribadi sempet beberapa kali ribut sama bu sesama panitia, karena jadwal bentrok, dan saling gak mau ngalah. Tapi pada akhirnya, semua bisa diselesaikan dengan kepala dingin, kok.

Bekasi, 30 April 2016

Technical meeting pun dilaksanakan.. kita semua cukup tegang pas itu. Meski udah briefing satu satu. Oh ya, ada masalah lagi. Yaitu tentang ruangan yang tiba tiba dipake sama acara lain. Sprnya dobel(?)

Tapi karena kita bikin spr duluan, akhirnya kita menang, dan kita jadi dapet ruangan. Alhamdulillah, technical meeting berjalan dengan lancar, meski sempet ada masalah eksternal yang akhirnya dapat diatasi dengan baik.

Oh ya, tambahan informasi, INOBU 10 itu H-2 uas :(

Alhasil kita harus berusaha nyeimbangin waktu belajar.

Finally, inobu part 1 pun dilaksanakan.

Tepatnya pada tanggal 14 Mei 2016. INOBU terbagi menjadi 2 part, yaitu part 1 yang berisi lomba lomba dan part 2 yang berupa festival.
INOBU part 1 dilaksanakan dari siang pukul 1. Sayangnya, INOBU part 1 bertepatan dengan event lain smansa, jadi terpaksa kita harus berbagi tempat. Karena bentrok, pastinya kita jadi gak bisa bebas milih ruangan. Yaudahlah ya
Part 1 pun terlaksana dengan lancar. Sekarang tinggal menunggu hari yang dinanti nanti, buah dari perjuangan kita selama sekitar setahun ke belakang.

H-2 INOBU, kebetulan sekolah ada final basket, jadi anak anak pada dibebaskan dai belajar untuk kemudian nonton final di stadion. Dan sebagai anak teladan //ga, aku dan banyak panitia lainnya kabur.

Kita malah ke rumah seorang senpai, buat dekor lagi! Karena masih banyak yang belum dikerjain, dan waktu udah mepet banget. Beberapa anak juga pergi ke Japan Founation, buat minjem alat pameran.

Bekasi, 20 Mei 2016

H-1 INOBU, aku udah bawa baju dari rumah buat nginep. Karena menjelang uas, sekolah jadi super gabut, anak anak disuruh belajar persiapan uas. Dan kesempatan itu pastinya gak kita buang sia sia, kita langsung lari ke area sekolah yang perlu dibersihin. Aku pribadi menghabiskan waktu di depan gedung baru ruang juri, karena di situ jarang dipake terus kotor banget. Akhirnya aku ngepel dan ngurus beberapa hal lainnya.

Sorenya, secara bergiliran beberapa panitia pulang ke rumah buat ngambil barang barang yang nantinya dipake buat nginep, sekaligus balikin buku.

Waktu berjalan cepat, akhirnya malem. Kita mulai masangin dekor di berbagai titik, dari mulai parkiran, lapangan, ruang guest star, blocking area, dan banyak lagi. Tidur juga gak boleh lebih dari 2 jam, itu juga kudu gantian. dan bahkan gak sedikit dari kami yang gak tidur.

Rupanya, malam menjelang INOBU dihiasi indahnya bulan purnama.

Langit tampak cerah, menghibur panitia yang udah awut awutan mikirin besok. Dan ternyata, ada beberapa hal kecil yang akhirnya kelupaan, dan bikin kita uring uringan di pagi hari karena mungkin kemarin terlalu santai dan ngegampangin.

Dan bagian paling mendebarkan, Eksekusi pun dimulai

Pagi pagi kita final briefing--setelah semua mandi dan ganti seragam--, kemudian kita udah ke spot masing masing. Aku jaga tiket presale, awalnya kukira gampang tinggal bagi bagiin tiket. Tapi ternyata cape juga.

Aku harus menghadapi anak anak smansa yang maksa masuk padahal tiket mereka ketinggalan, udah gitu ternyata ada beberapa kelas yang belum setoran uang tiket. Dan untuk mereka yang udah bayar tapi bendaharanya belum setoran, terpaksa harus ngantri ulang.

Beberapa dari mereka nyolot, bahkan sempet berantem karena gak terima disuruh bayar lagi.
Beberapa juga langsung majang muka melas :( kasian sebenernya
Setelah ishoma, aku tuker shift. Sekarang bagianku promosi permainan rakyat.

Oh ya! Aku mau ngasih tau sesuatu. Mungkin ini karena kegiatanku yang padet banget, ditambah semalem kurang tidur dan harus lari larian terus, suaraku habis. Sedangkan di shift 2 tugasku promosi (yang dimana pastinya membutuhkan suara banyak). Aku mau tuker job tapi kayaknya manja banget, akhirnya aku tetep paksain promosi dengan kondisi suara yang jauh dari batas sehat.

Tiba tiba,..

Langit mendung. Lalu turun tetesan tetesan air.

Aku langsung panik, karena hampir semua dekorasi terbuat dari kertas. Dekorasi yang udah disiapin selama berbulan bulan,

Lalu tiba tiba, hujan semakin deras. Semua yang di lapangan langsung naik ke gedung sekolah, mengabaikan blocking area yang udah dibuat cape cape. Panitia juga panik, kita langsung lari menyelamatkan barang barang yang ada di lapangan, beberapa lari ke daerah artis dan area ticketing. Kita sempet kesulitan cari payung juga. Disamping perasaan gaenak sama tamu dan artis yang udah dateng.

Di situ aku langsung ngedown banget. Ini kerja kerasku selama berbulan bulan hahaha, yang selalu bikin aku pulang telat, yang selama ini aku perjuangin, terlebih ini acara yang ke satu dekade. Aku pengen semuanya berjalan lancar.

Perasaan sedih, kecewa, bingung, campur  aduk jadi satu. Dan satu hal yang aku lakuin saat itu: nangis.

Sampai akhirnya,hujan reda. Aku  ngeliat lapangan basah kuyup, dekorasi rusak semua, dan beberapa tamu akhirnya pulang. Sedih? Banget.

Tapi, di situ temanku (Arin) bilang. Intinya, aku gak boleh nyerah, masih banyak yang berharap. Ini udah jauh banget :)

Dan ternyata penonton banyak yang turun ke lapangan lagi. Mereka masih ada, dan masih berusaha nikmatin acara. Di situ aku baru ngerasa masih dibutuhkan.

Akhirnya, aku balik ke lapangan sambil bawa trashbag, ngumpulin sampah yang berserakan, dan beresin barang barang yang rusak.

Langit mulai cerah lagi, sampai pada guest star utama, tiba tiba air kembai turun untuk kedua kalinya.

Dan hujan kali ini jauh lebih parah dibandingkan hujan sebelumnya. Bahkan bisa dibilang, ini hujan paling deres yang pernah aku rasain di smansa.

Smansa yang notabenenya anti banjir (karena banyak lubang biopori) tiba tiba banjir. Bahkan lapangan karet pun rusak terkena air saking deresnya, soundsystem mati total, dan pengunjung gak ada lagi yang berani ke lapangan.

Keadaan semakin memburuk sampai akhirnya, diputuskan bahwa pengumuman pemenang dilaksanakan secara online, karena keadaan udah gak memungkinkan lagi. Aku makin lemes ngeliat keadaan kayak gini, ditambah fisikku lagi gak sehat.

Tiba tiba panitia pada lari ke lapangan buat bon odori. Yang biasanya pada bunkasai bon odori dilaksanakan dengan musik kencang, sambil ngajak para pengunjung untuk ikut, kali ini gak bisa. Kita cuma bisa bon odori di bawah guyuran hujan tanpa musik.
Aku masih diem, terus seorang temenku nyamperin sambil nanya,

“naf, lo serius mau ikut?”

Lusa UAS, harusnya aku mempersiapkan diri. Tapi, ini yang udah kuusahain selama berbulan bulan, aku gak mau sia sia gitu aja. Akhirnya kutarik tangan temenku itu ke tengah lapangan. Ternyata di lapangan, panitia pada nangis juga, haha. Gak lama kemudian, kita tetep maksain nari meski dalam keadaan sedih banget.

Acara pun selesai. Dilanjutkan dengan bersih bersih sampe malem yang ternyata gak kelar juga.

Akhirnya besoknya kita tetep harus balik lagi ke sekolah demi menuntaskan acara bersih bersih yang udah gak  karuan itu. Antara lemes dan gak tau lagi. Di rumah aku Cuma bisa nangis.

Tapi, setelah beberapa hari, rupanya kita dapet respon positif dari pengunjung dan guest star. Senpai sepuh juga pada nyemangatin, seolah INOBU kemarin udah sukses banget.

Yang tadinya nangis, aku jadi mulai nyadar. Masih banyak yang berharap, masih banyak yang support kita, sebagai panitia INOBU, untuk nebus segalanya di INOBU 11. Atas apa yang udah terjadi, toh hujan itu kehendak yang di atas kan? Dan bukan salah kita.
Dan di situ aku mulai sadar, kita gak boleh berhenti sampai di sini.

***

Dua bulan berlalu pasca INOBU 10 yang menciptakan tangis dan haru kecampur jadi satu. Beberapa minggu lalu, aku sama panitia lain ngadain saigo no party, sebagai imbalan atas kerja keras kita berbulan bulan lamanya. Tapi berhubung momentnya ramadhan, yowes sekalian bukber, hahaha~

Aduh cape :(

Sebenernya masih banyak lagi, tapi kayanya gamungkin aku certain di sini semua,

Intinya, thanks NIHON KURABU SMANSASI yang udah berjuang sejauh ini

Untuk selanjutnya harus bisa lebih baik lagi

おつかれさまでした
よろしくお願いします♡


0 komentar:

Posting Komentar